Sabtu, 26 Oktober 2013

Tes Dominan Otak

beberapa waktu lalu, di blog yang lain saya pernah meposting tentang otak kiri dan otak kanan, nah kali ini di berbagi ilmu dan cerita saya akan meberikan sedikit cara untuk mengetahui otak mana yang lebih dominan, kiri atau kanan kah? check this out
1. Test 1

  1. Berputar searah jarum jam, yaitu dominan otak kanan.
  2. Berputar berlawanan arah jarum jam, yaitu dominan otak kiri.
  3. Berputar ke arah kiri atau kanan, hal ini dapat terjadi yaitu coba anda tutup mata sesaat dan buka mata anda kembali, apabila arah putaran berubah maka otak anda memiliki pola kembang yang seimbang dalam pola cara  berpikir.    

2. Test 2

pada dasarnya ada banyak cara untuk mengetahui apakah kita lebih dominan pada otak kanan atau otak kiri, tapi saya hanya akan menunjukkan 2 cara pada kalian , dan metode yang saya gunakan sangatlah mudah dan bisa langsung dicoba.


1. Metode Upil
Metode ini memang agak jorok, kenapa ? karna penilaianya adalah berdasarkan kebiasaan kalian pada saat ngupil. cara penilainya adalah jika kalian lebih sering ngupil dengan tangan kanan, maka berati otak kiri kalianlah yang lebih dominan. Dan begitu juga sebaliknya

Tapi, menurut para Ahli, penggunaan otak yang dominan secara berlebihan justru akan mengakibatkan kerja otak non dominan justru tak berfungsi, Oleh karna itu kita harus melatih kerja otak kita agar bisa berimbang nantinya
2. Metode jempol tangan
Metode ini adalah cara yang digunakan banyak ahli untuk menentukan type otak yang lebih dominan, caranya adalah silahkan kalian melemaskan pergelangan dan jari tangan anda dengan cara menggoyang-goyangkan tangan anda, setelah itu satukan tangan kalian dengan tiba.
cara penentuanya adalah dengan melihat jempol tangan kalian.jika jempol tangan yang berada di paling atas adalah jempol tangan kanan, maka berati otak kalian yang lebih dominan adalah otak kiri. Dan begitu juga sebaliknya.


 Penjelasan


Otak kiri
Otak kiri termasuk dalam kategori short term memory ( Memori jangka pendek), dimana otak kiri berperan dalam logika seseorang dalam memecahkan suatu pola masalah, kemampuan matematis dan verbal.
Daya tangkap otak kiri yaitu berbicara, menulis, dan berhitung.
Otak Kanan
Otak kanan termasuk dalam kategori long term memory ( Memori jangka panjang), dimana orang yang memiliki dominan otak kanan memiliki tingkat kreatifitas tinggi dalam merekayasa suatu imajinasi menjadi pola gambar, mengambil sudut pandang dari suatu permasalahan, memiliki tingkat ekspresi maupun emosional yang aktif.
Daya tangkap otak kanan yaitu gambar, suara, imajinasi dan emosi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar